Selasa, 10 November 2009

Cara Mudah Mencetak Pas Photo


Dulu, urusan cetak-mencetak photo hampir selalu berkaitan dengan studio photo. Kini, berkat kemajuan teknologi pencetakan, pengguna komputer di rumah juga bisa mencetak sendiri photo-photonya menggunakan printer khusus photo.
Mencetak photo menggunakan printer photo sebenarnya tidak susah. Ada banyak software atau program pencetak photo yang bisa membantu Anda mencetak photo dengan mudah. Salah satunya yang cukup mudah

 digunakan adalah Photoscape.

Photoscape sebenarnya bukan software atau program khusus untuk mencetak photo, melainkan sebuah program serbaguna yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, antara lain image viewer, screen capture, raw converter, color picker, splitter, membuat file animasi GIF, menggabungkan beberapa photo, dan mengedit photo. Semua menu utama ditempatkan secara melingkar dan bisa diakses dengan mudah melalui panel depan.

Fitur photo editing-nya sebenarnya tidak terlalu istimewa, sebab kita bisa (dan mungkin sudah terbiasa) melakukannya menggunakan software lain yang lebih populer untuk urusan ini, yaitu Adobe Photoshop. Meski demikian, Photoscape memiliki satu kemampuan yang cukup unik (yang mungkin) jarang dimiliki oleh software lain, yaitu kemampuan untuk mencetak photo-photo dalam ukuran khusus pas photo, misalnya 2×3 cm, 3×4 cm, 4×6 cm, dsb.






Photoscape front panel



Photoscape interface


Memilih ukuran pencetakan photo (print size)

Photoscape sangat mudah digunakan, bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Untuk mencetak photo, pilih ikon Print pada layar depan. Selanjutnya pilih ukuran layout photo yang diinginkan, kemudian pilih photo-photo yang akan dicetak dengan cara mendrag/menggeser photo-photo tersebut ke tengah layar. Jika preset ukuran yang Anda inginkan tidak tersedia, pilih Set the photo size dan tentukan sendiri ukurannya. Jika sudah siap mencetak, klik saja tombol Print.
Photoscape adalah program gratis dengan kemampuan yang, menurut saya, cukup bagus. Jika tertarik mencoba, silakan download Photoscape di http://photoscape.org/ps/main/download.php. Selamat mencoba! []


Tidak ada komentar:

Posting Komentar